Produk Nasional Bruto

Produk Nasional Bruto (PNB), atau dalam bahasa Inggris dinamakan Gross Nasional Product (GNP) adalah konsep yang mempunyai arti yang bersamaan dengan GDP, tetapi memperkirakan jenis-jenis pendapatan yang sedikit berbeda. Dalam menghitung Pendapatan Nasional Bruto, nilai barang dan jasa yang dihitung dalam pendapatan nasional hanyalah barang dan jasa yang diproduksikan oleh faktor-faktor produksi yang dimiliki oleh warga negara dari negara yang pendapatan nasionalnya dihitung. Oleh karena faktor-faktor produksi yang dimiliki warga negara sesuatu negara terdapat di negara itu sendiri maupun di luar negeri, maka nilai produksi yang diwujudkan oleh faktor-faktor produksi yang digunakan di luar negeri juga dihitung di dalam Produk Nasional Bruto. Tetapi sebaliknya, dalam Produk Nasional Bruto tidak dihitung produksi yang diwujudkan oleh faktor-faktor produksi milik penduduk atau perusahaan negara lain yang digunakan di negara tersebut.

Ini berarti secara konsepsual, pendapatan warga negara Singapura yang bekerja di Indonesia dan keuntungan perusahaan multinasional Jepang yang beroperasi di Indonesia tidak termasuk dalam Produk Nasional Bruto Indonesia. Tetapi sebaliknya pendapatan pekerja-pekerja Indonesia yang bekerja di luar negeri termasuk dalam Produk Nasional Bruto Indonesia.

Dengan memperhatikan perbedaan di antara arti PDB dan PNB di atas dapatlah dirumuskan sifat hubungan di antara Produk Domestik Bruto dan Produk Nasional Bruto, yaitu seperti dinyatakan oleh persamaan di bawah ini:

PDB=PNB-PFN dari LN

dimana PFN dari LN adalah pendapatan faktor neto dari luar negeri. PFN dari LNadalah pendapatan faktor-faktor produksi yang diterima dari luar negeri dikurangi dengan pendapatan faktor-faktor produksi yang dibayarkan ke luar negeri.

Sukirno, Sadono. 2004. Makroekonomi Teori Pengantar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

The URI to TrackBack this entry is: https://expressknowledges.wordpress.com/2011/06/28/produk-nasional-bruto/trackback/

RSS feed for comments on this post.

2 CommentsLeave a comment

  1. […] Produk Nasional Bruto (PNB) atau Gross National Product (GNP) mempunyai konsep yang hampir mirip dengan PDB tetapi memperkirakan jenis-jenis pendapatannya yang sedikit berbeda. Untuk menghitung PNB, nilai barang dan jasa yang dihitung dalam pendapatan nasional hanyalah barang dan jasa yang diproduksikan oleh faktor-faktor produksi yang dimiliki oleh warga negara yang berada di suatu negara maupun yang berada di luar negeri yang pendapatan nasionalnya dihitung. Tetapi sebaliknya, di dalam PNB, faktor-faktor produksi milik penduduk asing atau perusahaan dari negara lain yang beroperasi di negara tersebut tidak dihitung. Adapun rumus untuk menghitung PNB yaitu: PNB = PDB – Produk neto terhadap luar negeri Dimana: PNB = Produk Nasional Bruto PDB = Produk Domestik Bruto Sumber: https://expressknowledges.wordpress.com/2011/06/28/produk-nasional-bruto/ […]

  2. Everything is very open with a clear explanation of the challenges.
    It was definitely informative. Your website is
    useful. Thank you for sharing!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: